Golf-monster.info dapat memberikan berbagai informasi seputar travel, kesehatan, bisnis, teknologi dan tips-tips seputar kehidupan. Dapatkan berbagai informasi lengkap hanya di Golf-monster.info

Sabtu, 01 Juli 2017

Beginilah Tata Cara dan Doa Menyembelih Qurban



Selain Hari Raya Idul Fitri, umat muslim mengenal satu hari raya besar lagi, yaitu Hari Raya Idul Adha. Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 10 Dzuhijjah juga bertepatan dengan puncak ibadah haji, karenanya tidak jarang orang menyebutnya sebagai lebaran haji. Berbeda dengan Idul Fitri, Idul Adha tidak diawali dengan berpuasa sebulan penuh, melainkan ditandai dengan penyembelihan hewan qurban pada tanggal tersebut. Tentunya, penyembelihan hewan kurban tidak bisa dilakukan sembarangan. Hewan yang boleh dijadikan qurban hanyalah kambing, domba, sapi/kerbau, dan unta, yang artinya hewan lain tidak sah untuk dijadikan hewan qurban. Tidak hanya itu, terdapat tata cara dan doa menyembelih qurban yang harus diketahui oleh orang yang akan menyembelih hewan qurban.

Sebelum melaksanakan pemotongan atau penyembelihan hewan qurban sesuai tata cara dan membacakan doa menyembelih qurban, umat muslim diperintahkan untuk menunaikan ibadah shalat sunnah Idul Adha, kecuali bagi mereka yang uzhur dan berhalangan secara fisik misalnya. Setelah melaksanakan shalat Idul Adha, barulah dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban. Sejatinya, waktu pelaksanaan penyembelihan qurban adalah selama 4 hari dimulai setelah shalat Idul Adha tanggal 10 Dzulhijjah hingga tanggal 13 Dzulhijjah, yang disebut juga hari tasyrik. Sehingga, penyembelihan hewan yang dilakukan selain tanggal tersebut tidak termasuk dalam qurban, melainkan shodaqoh.

Perlu kita ketahui bersama, menyembelih tidak bisa sembarangan, terdapat tata cara dan doa menyembelih qurban, sebagai berikut:


1.   Gunakanlah pisau yang sangat tajam. Semakin tajam pisaunya, semakin baik. Karena tidak berpotensi menyiksa hewan yang akan disembelih
2.   Baiknya, tidak mengasah pisau yang digunakan untuk menyembelih, di depan hewan yang akan disembelih, karena akan membuat hewan takut. Hal ini berdasarkan hadis Ibnu Umar ra.
3. Hadapkan wajah hewan ke kiblat sambil membaca basmalah: “Bismillâhirahmânirrahîm”. Kemudian, membaca shalawat untuk Rasulullah SAW: “Allâhumma shalli alâ sayyidinâ muhammad, wa alâ âli sayyidinâ muhammad”. Lanjutkanlah dengan membaca tiga kali takbir dan satu kali tahmid: “Allâhu akbar, Allâhu akbar, Allâhu akbar, walillâhil hamd”. Setelah bertakbir, lanjutkan dengan baca doa menyembelih: “Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm” (ya Allah, hewan ini adalah nikmat dari-Mu dan dengan ini aku bertaqarrub (pendekatan diri pada Allah) kepada-Mu. Karenanya, wahai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku).
4.   Membaringkan hewan ke sisi kiri, guna memudahkan penyembelih untuk memotong dengan tangan kanan
5.   Menginjakkan kaki di leher hewan
6.   Menyembelih dengan tepat, pastikan tenggorokan, kerongkongan, dan dua urat leher langsung terpotong.



Demikianlah tata cara dan doa menyembelih qurban yang wajib diketahui oleh umat muslim. Semoga kita semua dapat segera melaksanakan ibadah Qurban.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Blog

My Blog
Albuterolinhalers,info

My Social Media

Follow Instagram: Anggaprydhtm
Follow Twitter: Anggabros
Follow Linkedin: Angga Prayudhatama
Add Facebook: Angga Prayudhatama