Golf-monster.info dapat memberikan berbagai informasi seputar travel, kesehatan, bisnis, teknologi dan tips-tips seputar kehidupan. Dapatkan berbagai informasi lengkap hanya di Golf-monster.info

Minggu, 26 Maret 2017

Bantuan ke Somalia dan Fakta-fakta Seputar Kelaparan Somalia


Bantuan ke Somalia

Negara Somalia lagi-lagi diberitakan karena bencana kelaparan yang melanda. Kelaparan yang dialami Somalia saat ini merupakan yang kedua kalinya dalam enam tahun terakhir. Sebelumnya pada 2011 lalu, negara di benua Afrika ini juga mengalami bencana serupa. Saat itu, sekitar 260 ribu warga Somalia tewas akibat kelaparan. Bantuan ke Somalia juga telah dilancarkan terutama oleh Persatuan Bangsa-Bangsa atau PBB, sejumlah negara serta komunitas internasional.

Berikut adalah beberapa fakta terkait bencana kelaparan yang dialami Somalia.


  1. Lebih dari enam juta orang penduduk mendiami negara Somalia, dan lima puluh persen atau setengah di antaranya menderita kekurangan makanan. Hal ini disebabkan karena kekeringan yang menyebabkan sumur-sumur kering, hewan ternak dan tanah pertanian mati, serta adanya konflik militer dengan kelompok militan Al-Shabaab yang ingin menggulingkan pemerintahan.
  2. Akibat bencana kelaparan ini, tidak kurang dari 360 ribu anak-anak mengalami kekurangan gizi dan bahkan gizi buruk.
  3. Kekeringan yang terjadi saat ini di Somalia bahkan diprediksi akan terus terjadi sepanjang tahun 2017. Apalagi tahun lalu curah hujan yang ada di Somalia cenderung sedikit. Sehingga tahun inipun curah hujan diprediksi tidak akan banyak.
  4. Kekurangan air yang parah terutama disebabkan karena volume Sungai Shabelle yang menyusut sampai 60 persen di pertengahan bulan Januari lalu. Sunga ini merupakan sumber air untuk pertanian dan juga hewan ternak Somalia.
  5. Hujan yang tidak kunjung turun juga merusak produksi dari pertanian. Panen bulan Januari merupakan yang terburuk di mana sebanyak 60-70% di bawah rata-rata selama lima tahun terakhir.
  6. Bantuan ke Somalia turut dibutuhkan karena harga pangan yang melonjak drastis. Makanan pokok seperti gandum dan sereal bahkan dapat lebih mahal hingga 50-80% dari harga aslinya.
  7. Para ahli turut memperkirakan negara Somalia akan kembali menderita bencana kelaparan seperti yang terjadi pada 2011 lalu.



Atas terjadinya bencana kelaparan ini, Presiden Somalia Mohamed Abdullah Mohamed telah secara resmi meminta bantuan dari dunia agar dapat turut menangani bencana yang menimpa negaranya. PBB juga telah memberikan bantuan agar Somalia bisa melewati tahapan krisis ini. Negara yang turut membantu Somalia ialah Inggris. Negeri Ratu Elizabeth tersebut turut menyebutkan bahwa krisis pangan Somalia dapat memundurkan kembali kemajuan politik yang telah berhasil dilakukan Somalia. Diharapkan pula nantinya Somalia dapat menjadi negara mandiri dalam mengatasi kekurangan pangan di negaranya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Blog

My Blog
Albuterolinhalers,info

My Social Media

Follow Instagram: Anggaprydhtm
Follow Twitter: Anggabros
Follow Linkedin: Angga Prayudhatama
Add Facebook: Angga Prayudhatama